Kesimpulan :
Kreativitas adalah kemampuan
untuk mengembangkan gagasan-gagasan baru dan untuk menemukan cara-cara baru
dalam melihat masalah dan peluang.
Aktivitas bisnis sangat memerlukan
orang-orang inovatif, kreatif dan cepat tanggap terhadap setiap perubahan.
Tuntutan konsumen akan mutu produk dan jasa semakin tinggi.
Oleh sebab itu,
bagi wirausahawan sangat penting memperhatikan masalah mutu dalam proses
produksi, pelayanan dan manajemen. Dengan mutu yang baik, maka produk dan jasa
yang dihasilkan dapat berkompetisi di pasar dan dapat bersaing dengan produk
sejenis.
Berdasarkan analisis SWOTnya menurut hasil wawancara,
Item yang menjadi SWOTnya adalah :
Strength : Memberikan harga kompetitif, memberikan semua bentuk layanan pengiriman (COD, Expedisi) dan pemotongan harga dengan pembeian jumlah tertentu
Weakness : Komplain Pelanggan
Opportunity : Memanfaatkan Hari Libur Nasional dengan menambah jam kerja untuk memudahkan pelanggan berbelanja di luar jam kerja
Threats : Market Pariwisata menurun menganggu usaha pelaku umkm dan Kekurangan Pelanggan diakibatkan pandemi covid-19
1 Strategi SWOT yang dapat dimanafaatkan oleh pelaku umkm ini yaitu Strengh dan Opportunity (SO) dengan strengh memberikan harga kompetititif, melihat sektorf pariwisata dengan skala kecil dan besar dalam mengembangkan kreatifitas di masyarakat dan opportunity melihat peluang dalam kegiatan hari raya dan hari libur nasional di Indonesia memberikan pelanggan pelayanan yang lebih dalam mengembangkan usahanya.
Dan hubungan materi Kreatifitas Bisnis dan Analisis SWOT adalah Invoasi Produk yang bermacam-macam yang ditawarkan Pelaku UMKM, produk sama tapi rasanya berbeda dengan membawakan rasa cita rasa daerah lokal masing-masing
Untuk materi lebih lengkapnya, silakan download link di bawah ini
Sekian dari Materi dari Saya, Terima kasih atas Kunjungannya.
Link Download File : https://t.me/tekape/165
Youtube : https://youtu.be/3UKhVFFeYkQ
Blogger : https://techinfora.blogspot.com/2022/02/kreatifitas-bisnis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar