Selasa, 29 Desember 2020

Tugas Ketigabelas Semester 1 (Konsep Teknologi Informasi)

Assalamulaikum Warahmatulahi Wabarokatuh.
Selamat Malam.
Salam Sejahtera untuk kita semua.

Nama : Muhammad Farhan Rezky Ramadhan
NIM    : 20201001
Jurusan : Teknik Informatika

Izinkan saya untuk membawakan materi ketigabelas yang diberikan kepada saya.
Blog ini adalah Teknologi Informasi.
Dan tugas yang akan saya bawakan adalah Konsep Teknologi Informasi.

Soal :
1. Apa perbedaan E-Commerce, E-Business dan M-Commerce?
2. Sebutkan Jenis-Jenis E-Commerce?
3. Apa perbedaan Intranet dan Internet?
4. Sebutkan nilai bisnis internet?

Jawab :
1. E-Commerce :
disebut Elektronik Commerce atau dalam bahasa indonesia Perdagangan secara elektronik adalah aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa) dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet, televisi atau jaringan komputer lainnya.
Secara sederhana e-commerce adalah proses pembelian maupun penjualan produk secara elektronik.

E-Business :
disebut Elektronik Commerce, Suatu kegiatan bisnis yang dilakukan yang dilakukan melalui transaksi, jual beli, bisnis yang memanfaatkan perangkat elektronik atau dengan internet sehingga perusahaan dapat langsung berinteraksi dengan costumer, supplier maupun rekan bisnis dalam sistem pemrosesan data secara internal dan eksternal secara efisien dan fleksibel. 
atau yang lebih disingkat dengan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola bisnisnya sehingga dapat memperoleh keuntungan.
didefinisikan juga aktivitas yang berkaitan secara langsung atau tidak langsung dengan proses pertukaran jasa atau barang dengan memanfaatkan internet sebagai media komunikasi dan transaksi.

M- Commerce :
disebut Mobile Commerce dan bagian dari e-commerce yang secara eksklutif melalui perangkat bergerak seperti smartphone atau tabel. Selain pembelian barang dan jasa, bentuk perdagangan internet ini juga termasuk pembayaran melalui smartphone dan tablet (pembayaran mobile).

2. Jenis-Jenis E-Commerce :
E-Commerce consumer to consumer (C2C)
jenis ini dilakukan antara konsumen dengan konsumen. Misalnya, konsumen dari suatu produsen akan menjual kembali produk ke konsumen yang lainnya. Misal sering menggunakan Tokopedia, Bukapalak, OLX dan sejenisnya. inilah yang dinamakan B2C E-Commerce

E-Commerce business to business (B2B)
dilakukan orang atau pihak yang saling berkepentingan dalam menjalankan bisnis, dimana keduanya saling mengenal dan mengetahui proses bisnis yang mereka lakukan.

E-Commerce consumer to business (C2B)
Jenis C2B adalah bisnis antara konsumen dan produsen. Bisnis tersebut dilakukan oleh konsumen kepada para produsen yang menjual produk atau jasa. Misalnya, konsumen akan memberitahukan detail produk atau jasa yang diinginkan secara online kepada para produsen dan produsen yang mengetahui permintaan tersebut akan menawarkan produk atau jasa yang diinginkan konsumen.

E-Commerce business to consumer (B2C)
Jenis ini dilakukan oleh pelaku bisnis dan konsumen. Transaksi e-commerce ini terjadinya layaknya jual-beli biasa. Konsumen mendapatkan penawaran produk dan melakukan pembelian secara online. Sebagai contoh, produsen menjual produk ke konsumen secara online dan disini produsen akan menjalankan bisnis dengan memasarkan produknya ke konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen untuk melakukan bisnis kembali. Produsen hanya memasarkan produk atau jasa, sementara pihak konsumen hanya akan pembeli atau pemakai.

3. Perbedaan Internet dan Intranet :
Internet :
Jaringan yang memiliki luas
Memiliki jaringan yang kuat
Perkembangan yang sangat pesat 
Bisa diakses dimana saja dan kapan saja

Intranet :
Jaringan yang kecil dan sempit (hanya akan mencakup wilayah lokal)
Perkembangan yang lambat 
Biasa digunakan di perkantoran, sekolah, universitas, rumah sakit, dan lain-lain

4. Nilai Bisnis Online :
- Menghasilkan pendapatan baru melalui penjualan online
- Memperkecil biaya melalui penjualan dan dukungan pelanggan secara online
- Menarik pelanggan baru melalui pemasaran dan iklan web dan penjualan secara online
- Meningkatkan loyalitas pelanggan lama melalui peningkatan layanan dan dukungan web
- Mengembangkan pemasaran dan saluran distribusi yang baru berbasis web untuk produk sekarang
- Membuat produk-produk baru agar segera diakses melalui web sekarang ini banyak perusahaan-perusahaan yang membuat situs untuk membeli produk-produk mereka secara online untuk meningkatkan penjualan selain melalui toko-toko konvensional mereka.

Demikian tugas ketigabelas yang diberikan kepada saya.
Saya ucapkan, terima kasih.
Mohon maaf jika ada kekurangan.
Saya akhiri,
Assalamulaikum Warahmatulahi Wabarokatuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar