Selasa, 11 Januari 2022

Research and Development

Research and Development


Muhammad Farhan Rezky Ramadhan

20201001

D-III Teknik Informatika

TI-MI Semester 3

AMIK Tri Dharma Palu


Soal :

1. Apa yang anda ketahui tentang Research and Development?

2. Apa tujuan dilakukan Research and Development Produk?

3. Apa pengaruh Research and Development bagi Enterpreneur?


Jawaban : 

1. Research (Penelitian) 

adalah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan untuk mengetahui secara lebih komprehensif terhadap suatu sampel dengan melihat dari berbagai sudut kajian. Dalam mewujudkan suatu penelitian yang baik para peneliti melakukan penelitian dengan mempergunakan metode penelitian. Penggunan metode penelitian dilakukan berdasarkan metode yang disesuaikan dengan kenyataan yang ada atau representatif dengan bentuk yang akan di uji.

Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu, dan berdasarkan hal tersebut terdapat empat kata kunci yang perlu diperhatikan, yaitu cara ilmiah, data, tujuan, dan kegunaan.


Development (Perkembangan)

adalah suatu pengembangan yang dapat berbentuk barang dan jasa, dimana dalam usaha menciptakan pengembangan tersebut dilakukan diikuti oleh berbagai langkah-langkah serta proses yang panjang, tidak terkecuali teralokasikannya sejumlah dana sebagai pendukung terwujudnya development tersebut. dan dalam konsep pengembangan produk bersifat continue, artinya sebuah produk yang diciptakan pasti mengalami kesalahan dan kekurangan karena itu sebuah produk sebaiknya harus terus dilakukan penyempurnaan. dengan penyempurnaan akan mempertahankan loyalitas konsumen pada produk tersebut.


2. Tujuan dilakukan Research Produk :

a. Menghindari produk yang diciptakan mengalami penurunan penjualan karena turunnya permintaan di pasar. Penurunan permintaan disebabkan oleh daya beli konsumen terharap produk mengalami penurunan. Konsumen dalam memilih atau memutuskan apakah suatu produk layak untuk dibeli dipengaruhi oleh berbagai alasan, salah satu alasan yang bersifat umum adalah produk tersebut memiliki nilai trend di pasar.

b. Persaingan bisnis yang tinggi di pasar. Persaingan yang tinggi sangat terasa oleh sesama perusahaan yang menghasilkan produk sejenis, dimana mereka saling berebut untuk menarik konsumen agar membeli produk mereka.

c. Globalisasi. Era globalisasi saat ini telah menyebabkan berbagai bebas masuk dan keluar ke berbagai negara manapun. Sehingga persaingan akan kualitas produk di pasar internasional semakin sengit sering terjadi.

Suatu research yang dikerjakan pasti memiliki alasan-alasan jelas yang menyebabkan suatu organisasi melakukannya. Biasanya organisasi melakukan penelitian untuk :

1. Mencari hubungan-hubungan kimiawi dan physical dasar, terutama yang harus dilakukannya bagi produk dan proses perusahaan sendiri.

2. Memberi produk-produk dan jasa-jasa perusahaan yang sudah ada.

3. Menemukan penggunaan baru bagi produk atau jasa perusahaan sekarang.

4. Mengembangkan berbagai produk dan jasa baru.

5. Mengurangi biaya produk dan jasa sekarang melalui perbaikan operasi-operasi dan proses produksi perusahaan.

6. Mengembangkan pengujian dan spesifikasi bagi operasi-operasi dan bahan-bahan yang dibeli.

7. Menganlisa prdouk dan jasa para pesaing.

8. Menemukan penggunaan yang menguntungkan dari produk-produk sampingan atau sisa-sisa bahan (sampah) proses produksi.


Tujuan dilakukan Development Produk :

a. Dapat dikembangkan produk yang memiliki nilai jual dan mampu bersaing di pasar.

b. Keputusan perusahaan di mata konsumen dan mitra bisnis dapat selalu terjaga, karena dianggap perusahaan selalu memiliki semangat inovasi produk yang tinggi.

c. Mampu mewujudkan keinginan konsumen atau aspirasi konsumen terhadap produk yang sesuai dengan pengharapan dapat dilakukan. Salah satu kebosanan konsumen terhadap suatu produk pada saat tingkat inovasi produk dianggap rendah.

Pengembangan produk baru ini bukanlah pekerjaan yang mudah, karena adanya berbagai hambatan, antara lain :

a. Kurangnya gagasan (idea) pengembangan produk baru yang baik.

b. Kondisi pasar yang semakin bersaing, karena banyaknya pesaing dan berbagai produk subtitusi.

c. Batasan yang semakin bertambah dari masyarakat dan pemerintah.

d. Biaya proses pengembangan produk baru yang sangat mahal, karena untuk dapat menghasilkan beberapa produk baru, perusahaan harus mengembangkan sejumlah besar gagasan produk baru.

e. Tingginya tingkat kegagalan produk baru dalam pemasarannya, karena ternyata tidak memenuhi pengharapan konsumen atau tidak daapt memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.

f. Jangka waktu kehidupan produk baru yang pendek, karena setelah produk baru secara komersial sukses, maka dalam waktu singkat banyak perusahaan lain meniru dan membanjiri pasar dengan produk mereka.


3. Pengaruh Research and Development bagi seorang Wirausahawan

Sebuah riset yang baik adalah riset yang berkelanjutan, dan riset yang tidak baik adalah riset yang berhenti disitu saja. Seorang wirausahawan harus memiliki berbagai inspirasi dan tuangkan inspirasi itu kedalam bentuk karya produk yang bernilai inovasi.

Sering inspirasi terasa sulit untuk diperoleh padahal inspirasi itu ada di sekitar tempat kita tinggal. Namun karena pikiran kita terlalu tegang, maka kita tidak bisa melihat berbagai tanda-tanda yang bisa diangkat untuk dijadikan inspirasi. Untuk itu seorang wirausahawan perlu kadang kala berjalan dan berkeliling pada berbagai tempat yang menurut dia tempat tersebut bisa menarik perhatiannya dan bisa memberi inspirasi.

Ada istilah dalam dunia bisnis jika ingin menciptakan produk maka amati produk yang telah ada, tiru dan modifikasi. Penafsiran tiru di sini buka berarti meniru 100% terhadap produk sebelumnya, namun pelajari dimana kelemahan produk-produk sebelumnya dan lakukan perbaikan atau modifikasi agar menjadi lebih menarik. Sebenarnya ini memang tugas bagian research and development untuk melakukannya.

Namun dalam konteks penguatan lembaga peran, perhatian dan masukan harus datang dari berbagai pihak. Sering bagian research and development mengalami kewalahan dalam berpikir dan itu menjadi tugas seluruh pihak terutama pimpinan untuk memberikan ide dan masukan, jangan membuat bagian research and development memang sangat penuh dengan tanggung jawab besar untuk mempertahankan keberadaan perusahaan selalu terdepan dalam kualitas produk di pasar. Kebutuhan untuk liburan, membaca, berdiskusi, mengikuti conference, bahkan jalan-jalan ke perusahaan pesaing juga dapat menjadi ide pendorong timbulnya insprasi.

Dalam pencitraan produk ada perbedaan antara small innovation dan great innovation. Adapun perbedaan kedua itu adalah,

a. Small innovation bersifat produk yang merupakan modifikasi dari produk sebelumnya.

b. Medium innovation merupakan inovasi produk yang bersifat melengkapi sebuah produk lainnya.

c. Great innovation merupakan penciptaan produk baru dan memberi pengaruh pada pengembangan produk lainnya.

Dalam bidang teknologi komunikasi penemuan Bluetooth dapat dianggap sebagai salah satu medium innovation yang memungkinkan banyak orang bisa mengirimkan data dalam jangkauan 150 meter. Namun dalam bentuk penciptaan mobil, pesawat terbang, nuklir dan lain sebagainya ini daapt kita sebut sebagai great innovation.

Sebagai catatan bahwa semakin besar innovation yang dilakukan maka semakin besar pula kebutuhan dana yang diperlukan. Misalnya untuk menciptakan great innovation seperti penciptaan kereta api bertenaga nuklir, maka tentunya dana untuk riset bukan sedikit ini membutuhkan dana yang besar. Sehingga wajar jika produk seperti kereta api bertenaga nuklir hanya mampu diciptakan oleh perusahaan berskala besar.

Bagi sebuah lembaga bisnis yang ingin selalu unggul dalam pasar yang kompetitif dibutuhkan strategi dan penerapan manajemen profesional. Aplikasi strategi tersebut mencakup banyak segi baik segi keuangan dan non keuangan. dan kedua segi tersebut harus dikelola secara professional, karena tanpa professional akan menyebabkan rusaknya struktur manajamen bisnis tersebut, ini akan terlihat pada lemahnya kemampuan daya saing organisasi di pasar

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar