Assalamulaikum Warahmatulahi Wabarokatuh.
Selamat Malam.
Salam Sejahtera untuk kita semua.
Nama : Muhammad Farhan Rezky Ramadhan
NIM : 20201001
Jurusan : Teknik Informatika
Izinkan saya untuk membawakan materi ketigabelas yang diberikan kepada saya.
Blog ini adalah Teknologi Informasi.
Dan tugas yang akan saya bawakan adalah Konsep Teknologi Informasi.
Soal :
1. Apa perbedaan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi?
2. Jelaskan Level Manajemen dalam Organisasi!
3. Sebutkan Sistem Informasi yang anda ketahui?
4. Jelaskan Jenis Pengembangan Sistem Informasi!
Jawab :
1. Teknologi Informasi :
- diartikan sebagai kajian, desain, implementasi, manajemen sistem informasi berbasis komputer
- berhubungan dengan perangkat keras, perangkat lunak, basis data dan jaringan
- menentukan akuisisi, pengelolahan, penyimpanan, dan penyebaran informasi melalui bentuk digital atau data yang dihasilkan melalui displin komputasi dan telekomunikasi
- belajar tentang logika matematika dan algoritma untuk mengembangkan program komputer
- membuat aplikasi, mengelola sistem data, membuat kecerdasan buatan
Sistem Informasi :
- gabungan dari bisnis, ekonomi manajemen, dan ilmu komputer
- membuat, menyimpan, memanipulasi, mendistribusi, dan menebarkan informasi
- merupakan jembatan antara bisnis dan ilmu komputer
- mengembangkan dan mengelola sistem informasi secara efisien untuk kepentingan bisnis
- meskipun bergantung secara kuat pada perangkat komputer, bisa menyangkut hal-hal yang non-teknologi
- menggunakan informasi sebagai basis data untuk meningkatkan performa, menyusun program kerja, membuat laporan, membuat sistem penilaian kerja karyawan dan mengambil keputusan
2. Level Manajemen Dalam Organisasi :
-Manajemen Puncak (Top Level of Management)
adalah tingkat manajemen paling atas dan memiliki otoritas tertinggi pada sebuah perusahaan dan bertanggung jawab kepada pemilik perusahaan
berhak untuk memilih, mengangkat, memberhentikan manajemen yang berada di bawah otoritasnya
Contoh manajemen puncak adalah CEO (Cheif Executive Officer), GM (General Manager) dan yang disebut presiden direksi (presdir)
tugas manajemen pucak adalah :
-Menyusun dan menetapkan rencana perusahaan
-Menentukan tujuan perusahaan
-Mengatur manajemen yang berada dibawah posisi manajemen puncak
-Memanfaatkan sumber daya yang dimiliki perusahaan
-Bertanggung jawab atas semua yang dilakukan oleh manajemen dibawahnya
-Manajemen Tingkat Menengah (Middle Level of Management)
berada pada tengah-tengah hiraki manajemen dari sebuah perusahaan, dipilih oleh manajemen puncak dan anajemen tingkat menengah yang bertanggung jawab atas pelaksanaan rencana yang sudah ditentukan oleh manajemen puncak.
mengandalkan kemampuan manajerial dan hal teknis
membawahi dan mengarahkan kegiatan manajer dibawahnya
bertanggung jawab atas kegiatan yang dilakukan oleh tingkatan manajemen yang lebih rendah dan bahkan terkadang beberapa karyawan operasionalnya
Contoh tingkatan manajemen tingkat menengah adalah Kepala Departemen (HOD), Manajer cabang dan Junior executive.
tugas manajemen menengah adalah :
-Menjalankan perintah, kebijakan dan rencana yang telah ditetapkan oleh manajemen puncak
-Memberi saran atau rekomendasi untuk manajemen puncak
-Mengkoordinasi seluruh kegiatan semua departemen yang ada
-Berkomunikasi dengan manajemen puncak dan manajemen tingkat posisi yang dibawahnya
-Mempersiapkan rencana jangka pendek, umumnya disusun dari 1 tahun dan 5 tahun
-Mempunyai keterbatasan wewenangan dan tanggung jawab karen manajemen penengah ini merupakan perantara antara manajemen puncak dan manajemen yang lebih rendah
-Bertanggung jawab secara langsung kepada dewan direksi dan CEO perusahaan
-Manajemen Lini Pertama (First Line Management)
tingkatan manajemen paling rendah dalam sebuah perusahaan
memimpin dan mengawasi kinerja tenaga operasional
bekerja menggunakan keterampilan teknikal dan kemampuan berkomunikasi
tidak membawahi manajer yang lain
Contoh manajemen lini pertama adalah mandor atau pengawas atau disebut supervisor
Dipilih oleh manajemen tingkat menengah
bagian dari manajemen operasional yang terlibat langsung dalam proses produksi dan bertanggung jawab untuk menyelesaikan rencana dan tugas yang diberikan oleh manajemen yang lebih tinggi.
tugas manajemen lini pertama :
-Mengarahkan atau mengendalikan karyawan atau pekerja
-Mengembangkan moral para karyawan
-Menjaga hubungan baik antara manajemen menengah dan para pekerja
-Menginformasikan keputusan yang diambil oleh manajemen kepada para karyawan atau pekerja
-Memberi informasi tentang kinerja, hambatan, kesulitan, perasaan, tuntutan atau hal lain dari para pekerja dan karyawan
-Menyusun rencana harian, mingguan, dan bulanan. Tidak menyusun rencana jangka panjang
3. Jenis Sistem Informasi :
Sistem Informasi Manajemen
Sistem Informasi Akuntansi
Sistem Informasi Keuangan
Sistem Informasi Manufaktur
Sistem Informasi Sumber Daya Manusia
Sistem Informasi Pemasaran
Sistem Informasi Eksekutif
4. Jenis Pengembangan Sistem Informasi :
a. Metode System Development Life Cycle (SLDC)
Pengembangan sistem informasi yang pertama kali digunakan disebut metode tradisional. Metode ini prototype adalah tahapan-tahapan pekerjaan yang dilakukan oleh analisis sistem dan programer dalam membangun sistem informasi.
Tahapan tersebut adalah :
-Melakukan survey dan menilai kelayakan proyek pengembangan sistem informasi
-Mempelajari dan menganalisa sistem informasi yang sedang berjalan
-Menentukan permintaan pemakai sistem informasi
-Memilih solusi dan memecahkan dengan baik
-Menentukan perangkat keras dan perangkat lunak komputer
-Merancang sistem informasi baru
-Mengkomunikasikan dan mengimplementasikan sistem informasi baru
-Memelihara dan melakukan perbaikan/peningkatan sistem informasi baru
Kelebihan :
-Mudah diaplikasikan
-Memberikan template tentang metode analisis, desain, pengkodean, pengujian dan pemeliharaan
Kekurangan :
-Jarang sekali proyek rill mengikuti aliran sekuensial yang dianjurkan model karena model ini bisa melakukan itersi tidak langsung
-Pelanggan sulit untuk menyatakan kebutuhan secara eksplisit sehingga sulit untuk mengakomodasikan ketidakpastian pada awal proyek
b. Model Air Terjun (Waterfall)
disebut model Sequential Linier, pengembangan sistem paling tua, paling sederhana, cocok untuk pengembangan perangkat lunak, spesifikasi yang tidak berubah-ubah, menyediakan alur hidup perangkat, lunak secara sequential atau terurut dimulai dari analisa, desain, pengkodean, pengujian dan tahap pendukung.
Tahap tersebut adalah :
-Analisis kebutuhan perangkat lunak
-Desain
-Pembuatan kode program
-Pengujian
-Pendukung atau pemeliharaan
Kelebihan :
-Kualitas dari sistem yang baik. Ini dikarenakan oleh pelaksaannya secara bertahap
-Dokumen pengembangan sistem sangat terorganisir
Kekurangan :
-Diperlukan manajemen yang baik, karena proses pengembangan tidak dapat diulang sebelum terjadinya produk
-Kesalahan kecil akan menjadi masalah besar jika tidak diketahui sejak awal pada saat pengembangan
Demikian tugas keempatbelas yang diberikan kepada saya.
Saya ucapkan, terima kasih.
Mohon maaf dengan sebesar-besarnya jika ada kekurangan.
Saya akhiri,
Assalamulaikum Warahmatulahi Wabarokatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar