Selasa, 24 November 2020

Tugas Kedelapan Semester 1 (Konsep Teknologi Informasi)

 Assalamulaikum Warahmatulahi Wabarokatuh

Selamat Siang.

Salam sejahtera untuk kita semua.


Nama : Muhammad Farhan Rezky Ramadhan

NIM      : 20201001

Jurusan : Teknik Informatika


Izinkan saya untuk membawakan materi kedelapan yang diberikan kepada saya.

Blog ini adalah Teknologi Informasi

Dan tugas yang akan saya bawakan adalah Konsep Teknologi Informasi


Soal : 

1. Apa yang dimaksud dengan Multimedia dan Virtual Reality?

2. Sebutkan contoh Aplikasi Multimedia dan Virtual Reality?

3. Sebutkan Elemen Multimedia?

4. Sebutkan Cara Kerja Virtual Reality?

5. Apa Efek Negatif Virtual Reality?



Jawaban : 

1. Multimedia :

Yang di maksud dengan multimedia adalah interaksi antara teks, suara, gambar statis, animasi, dan video (Perry, 1994). Ditinjau dari kata-kata pembentuknya, multimedia berarti ''melibatkan berbagai media''.

Atau secara bahasa terdiri dua kata yaitu Multi dan Media. Multi yaitu banyak, sementara media adalah sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan pesan (perantara). yang dikatakan bahwa multimedia adalah perantara pesan yang terdiri 1 elemen atau banyak.

Virtual Reality :

adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3D) sehinga membuat pemakai seolah-olah terlihat secara fisik. Sistem seperti ini dapat digunakan untuk merancang :

Obat, Arsitek, Insiyur, Pekerja media, dan bahkan untuk orang awam untuk melakukan aktifitas yang meniru dunia nyata. 


2. Contoh Aplikasi 

Multimedia : 

Presentasi Bisnis  

Pelatihan berbasis Komputer (CBT/Computer Based Training)

Hiburan

Pendidikan

Penyajian Informasi

Kios Interaktif

Telekonferensi


Virtual Reality :

Manufaktur

Arsitektur

Militer

Kedokteran

Penelitian/Pendidikan

Hiburan


3. Elemen Multimedia :

Teks, Suara, Gambar Suara, Animasi dan Video


4. Cara Kerja Virtual Reality :

Pemakai melihat suatu semu yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realitis. Melalui headset, glove dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis.


5. Efek Negatif Virtual Reality :

Orang-orang yang terlibat menggunakan sistem ini kerap mengalami gangguan yang disebut cybersickness (Haag, Cummings, Dawkin, 2000, hal, 294). Penderita akan merasakan ketegangan mata dan bahkan disertai rasa pusing. Terkadang si penderita secara psikologis masih terbawa pada suasana semua yang diciptakan oleh sistem virtual reality walaupun ia telah kembali ke dunia nyata.


Demikian tugas kedelapan yang diberikan kepada saya.

Mohon maaf jika ada kekurangan.

Saya ucapkan, Terima kasih atas tugas yang diberikan kepada saya.

Assalamulaikum Warahmatulahi Wabarokatuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar